Do Your Best and Keep Fighting!
Blooming Sparkly Red Rose

Kamis, 14 Februari 2019

# Ekonomi # Semester 2

DEFINISI, MACAM-MACAM, KELEBIHAN, KEKURANGAN PASAR



Definisi Pasar

Pasar adalah suatu tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual dan beli barang atau jasa.

Struktur Pasar

Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri. Pada analisa ekonomi dibedakan menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.

Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana jumlah pembeli dan penjual sedemikian rupa banyaknya/ tidak terbatas.
Ciri – Ciri :
  1. Jumlah penjual dan pembeli banyak
  2. Barang jualan bersifat homogen
  3. Tidak ada campur tangan pemerintah dalam penentuan harga
  4. Faktor-faktor produksi bergerak bebas
  5. Penjual adalah price taker (pengambil keputusan harga)
  6. Konsumen punya posisi kuat untuk tawar menawar
  7. Sulit mendapat keuntungan di atas rata-rata
  8. Sensitif pada perubahan harga (gampang naik turun)
  9. Free entry and exit (tidak ada hambatan untuk keluar masuk pasar bagi penjual)
Kebaikan :
1.       Mampu mendorong efisiensi (penghematan) dalam produksi
2.       Tidak memerlukan iklan
3.       Penjual dan pembeli bebas bergerak
4.       Harga tidak dikendalikan oleh satu penjual atau satu pembeli

Keburukan :
1.       Tidak ada dana untuk penelitian atau pengembangan produk
2.       Terbatasnya kebebasan memilih bagi pembeli
3.       Pekerja menerima upah atau gaji rendah
4.       Distribusi pendapatan tidak selalu rata

Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar di mana terdapat satu atau beberapa penjual yang menguasai pasar atau harga, serta satu beberapa pembeli yang menguasai pasar atau harga. 
Ciri-ciri :
1.       Jumlah penjual yang ada sangatlah terbatas.
2.       Jumlah pembeli di dalamnya banyak.
3.       Sulit untuk masuk ke dalam pasar karena banyak hambatan dan gangguan di dalamnya.
4.       Produk yang beredar di pasar atau yang diperjualbelikan bersifat homogen atau satu jenis saja serta tidak adanya produk pengganti atau substitusi.
5.       Pihak yang berkuasa bebeas dan leluasa memainkan harga dan pihak lain hanya bisa menuruti dan mengikuti ketetapan yang ada.

Pasar Monopoli

Monopoli berasal dari kata mono yang berarti satu dan poli yang berarti penjual. Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar dan tidak ada barang pengganti.
Ciri ciri :
1.      Hanya ada satu orang penjual
2.      Terdapat banyak pembeli
3.      Produk untuk pasar monopoli  tidak mempunyai barang pengganti (subtitusi) yang dekat
4.      Adanya hambatan untuk masuk ke pasar

Kelebihan Pasar Monopoli
1.      Bisa melakukan suatu penelitian dan pengembanagan produk agar tetap terjaga kekuasaannya.
2.      Lebih mudah untuk melakukan kontrol karena kekuasaan hanya dipegang satu pihak.
3.      Keuntungan yang diperoleh sangat melimpah, karena tidak ada pesaing yang berarti.
4.      Mendorong terciptanya inovasi-inovasi dengan tujuan melindungi kekuasaan yang ada.
5.      Pengembangan perusahaan cepat karena tidak ada pesaing.

Kelemahan Pasar Monopoli
1.      Ketidakadilan terasa di dalamnya karena hanya satu pihak yang untung.
2.      Sering terjadi pemborosan karena pihak yang berkuasa tidak mempedulikan pengoptimalan dan penhematan biaya produksi yang penting untung.
3.      Tidak adanya pilihan bagi konsumen karena tidak ada produk yang lain.
4.      Terkesan sering terjadi pemaksaan karena mau tidak mau konsumen harus membeli produk tersebut.

Pasar Monopolistik

Pasar monopolistik adalah sebuah pasar yang terjadi ketika dalam suatu pasar banyak terdapat produsen dengan adanya deferensiasi antar produk yang dihasilkan oleh para produsen baik merk, pembungkusnya dan lain sebagainya.
Ciri-ciri :
1.      Jumlah penjual atau produsen banyak
2.      Barang yang dijual bersifat heterogen (beraneka ragam)
3.      Promosi dan iklan aktif dilakukan
4.      Mudah untuk keluar masuk pasar
5.      Keberadaan produsen dapat mempengaruhi harga

Kelebihan
1.      Konsumen mendapatkan kebebasan memilih produk sesuai kebutuhan dan keinginannya karena produk yang dijual banyak dan bersifat heterogen, jadi banyak pilihan bagi konsumen.
2.      Kemudahan dan kebebasan keluar masuk pasar, mendorong produsen untuk selalu menghasilkan produk baru dan menimbulkan kreatifitas.
3.      Deferensiasi produk membuat konsumen lebih selektif dalam memilih produk dan cenderung loyal terhadap produk yang disukainya.

Kelemahan
1.      Rentan terjadi persaingan yang tidak sehat, karena semua produsen berlomba-lomba mendapatkan pelanggan dengan tujuan mendapat keuntungan maksimal.
2.      Pihak yang tidak memiliki skill atau dana yang lebih akan mudah tergusur dari pasar ini karena tingkat persaingan yang ada sangatlah tinggi baik dari segi kualitas, harga serta pelayanan.
3.      Cenderung terjadi kenaikan harga karena adanya inovasi dalam menciptakan produk yang lebih baik dan baik lagi.

Pasar Oligopoli

Istilah oligopoli berasal dari bahasa Yunani yakni Oligos dan Polein yang artinya sedikit penjual atau beberapa penjual. Pasar oligopoli adalah sebuah pasar dimana terdapat beberapa penjual atau produsen yang menjadi pemiliki saham atau pangasa pasar terbesar. Pasar oligopoli bisa terbentuk karena dua faktor penting yakni efisiensi skala yang besar dan komplektisitas manajemen. Contoh dari pasar oligopoli antara lain  industri motor, industri air mineral, industri rokok dan lain sebagainya

Pembagian oligopoli :
·         Oligopoli murni
Produk yang dijual bersifat homogen dan identik . Pasar oligopoli jenis ini biasanya ditemui pada industri-industri yang menghasilkan bahan-bahan mentah. Contohnya industri semen atau produk mineral kemasan.
·         Oligopoli pembedaan
Berbeda dengan oligopoli murni yang produk yang dijual bersifat homogen, dalam pasar oligopoli jenis pembeda produk-produknya bersifat heterogen bisa dibedakan oleh konsumen. Contohnya industri motor di Indonesia yang telah dikuasai oleh merk-merk terkenal seperti Honda, Yanaha, Suzuki dan lainnya.
Ciri-ciri :
1.      Menghasilkan dua jenis produk (homogeny & heterogen)
2.      Promosi dan iklan sangat diperlukan
3.      Keberadaan produsen atau perusahaannya berjumlah sedikit
4.      Kompetisi non harga
5.      Pihak baru sulit untuk masuk ke pasar
6.      Harga konsisten, tidak berubah ubah

Kelebihan
1.      Para pembeli mendapatkan kebebasan dan keleluasaan dalam memilih produk.
2.      Penelitian dan pengembangan produk sering dilakukan.
3.      Penerapan teknologi yang dipadukan dengan inovasi para produsen akan menghasilkan sesuatu hal yang baru.

Untuk 
4.      Efisiensi dalam produksi sangat diperhatikan.
5.      Kepuasan konsumen menjadi prioritas.

Kelemahan
1.      Rentan menimbulkan ketimpangan atauu ketidakrataan dalam hal pendapatan.
2.      Sering terjadi eksploitasi terhadap pembeli serta pemiliki faktor produksi.
3.      Bisa menimbulkan inflasi.
4.      Rentan terjadi persaingan yang tidak sehat dalam hal harga dan lainnya dengan tujuan mendapatkan pelanggan.

Pasar Duopoli

Pasar duopoli adalah suatu pasar yang dimana suatu barang dikuasi oleh dua buah perusahaan.
Contoh : Penawaran minyak pelumas dikuasai oleh Pertamina dan Caltex
Ciri-ciri :
1.      terdapat dua penjual dan banyak pembeli,
2.      harga ditentukan secara sepihak oleh kedua penjual baik dengan kesepakatan atau tidak.


Berikut adalah video mengenai materi yang saya rekomendasikan.
Terima kasih
SELAMAT BELAJAR ^0^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar