Definisi Pasar
Pasar adalah
suatu tempat bertemunya penjual dan pembeli
untuk melakukan transaksi jual dan beli barang atau jasa.
Struktur Pasar
Struktur pasar
adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada
ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam
industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan
dalam kegiatan industri. Pada analisa ekonomi dibedakan menjadi pasar
persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.
Pasar Persaingan Sempurna
Pengertian pasar
persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan
penawaran di mana jumlah pembeli dan penjual sedemikian rupa banyaknya/ tidak
terbatas.
Ciri – Ciri :
- Jumlah penjual dan pembeli
banyak
- Barang jualan bersifat
homogen
- Tidak ada campur tangan
pemerintah dalam penentuan harga
- Faktor-faktor produksi
bergerak bebas
- Penjual adalah price taker
(pengambil keputusan harga)
- Konsumen punya posisi kuat
untuk tawar menawar
- Sulit mendapat keuntungan
di atas rata-rata
- Sensitif pada perubahan
harga (gampang naik turun)
- Free entry and exit (tidak
ada hambatan untuk keluar masuk pasar bagi penjual)
Kebaikan :
1.
Mampu mendorong efisiensi (penghematan) dalam
produksi
2.
Tidak memerlukan iklan
3.
Penjual dan pembeli bebas bergerak
4.
Harga tidak dikendalikan oleh satu penjual atau
satu pembeli
Keburukan :
1.
Tidak ada dana untuk penelitian atau
pengembangan produk
2.
Terbatasnya kebebasan memilih bagi pembeli
3.
Pekerja menerima upah atau gaji rendah
4.
Distribusi pendapatan tidak selalu rata
Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar persaingan
tidak sempurna adalah pasar di mana terdapat
satu atau beberapa penjual yang menguasai pasar atau harga, serta satu beberapa
pembeli yang menguasai pasar atau harga.
Ciri-ciri :
1.
Jumlah penjual yang ada sangatlah terbatas.
2.
Jumlah pembeli di dalamnya banyak.
3.
Sulit untuk masuk ke dalam pasar karena banyak
hambatan dan gangguan di dalamnya.
4.
Produk yang beredar di pasar atau yang
diperjualbelikan bersifat homogen atau satu jenis saja serta tidak adanya
produk pengganti atau substitusi.
5.
Pihak yang berkuasa bebeas dan leluasa memainkan
harga dan pihak lain hanya bisa menuruti dan mengikuti ketetapan yang ada.
Pasar Monopoli
Monopoli berasal dari kata mono yang berarti satu dan poli yang berarti penjual. Pasar
monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang
menguasai pasar dan tidak ada barang pengganti.
Ciri ciri :
1. Hanya ada
satu orang penjual
2. Terdapat
banyak pembeli
3. Produk
untuk pasar monopoli tidak mempunyai
barang pengganti (subtitusi) yang dekat
4. Adanya
hambatan untuk masuk ke pasar
Kelebihan Pasar Monopoli
1. Bisa
melakukan suatu penelitian dan pengembanagan produk agar tetap terjaga
kekuasaannya.
2. Lebih mudah
untuk melakukan kontrol karena kekuasaan hanya dipegang satu pihak.
3. Keuntungan
yang diperoleh sangat melimpah, karena tidak ada pesaing yang berarti.
4. Mendorong
terciptanya inovasi-inovasi dengan tujuan melindungi kekuasaan yang ada.
5. Pengembangan
perusahaan cepat karena tidak ada pesaing.
Kelemahan Pasar Monopoli
1. Ketidakadilan
terasa di dalamnya karena hanya satu pihak yang untung.
2. Sering
terjadi pemborosan karena pihak yang berkuasa tidak mempedulikan pengoptimalan
dan penhematan biaya produksi yang penting untung.
3. Tidak
adanya pilihan bagi konsumen karena tidak ada produk yang lain.
4. Terkesan
sering terjadi pemaksaan karena mau tidak mau konsumen harus membeli produk
tersebut.
Pasar Monopolistik
Pasar monopolistik
adalah sebuah pasar yang terjadi ketika dalam suatu pasar banyak terdapat
produsen dengan adanya deferensiasi antar produk yang dihasilkan oleh para
produsen baik merk, pembungkusnya dan lain sebagainya.
Ciri-ciri :
1. Jumlah
penjual atau produsen banyak
2. Barang yang
dijual bersifat heterogen (beraneka ragam)
3. Promosi dan
iklan aktif dilakukan
4. Mudah untuk
keluar masuk pasar
5. Keberadaan
produsen dapat mempengaruhi harga
Kelebihan
1. Konsumen
mendapatkan kebebasan memilih produk sesuai kebutuhan dan keinginannya karena
produk yang dijual banyak dan bersifat heterogen, jadi banyak pilihan bagi
konsumen.
2. Kemudahan
dan kebebasan keluar masuk pasar, mendorong produsen untuk selalu menghasilkan
produk baru dan menimbulkan kreatifitas.
3. Deferensiasi
produk membuat konsumen lebih selektif dalam memilih produk dan cenderung loyal
terhadap produk yang disukainya.
Kelemahan
1. Rentan
terjadi persaingan yang tidak sehat, karena semua produsen berlomba-lomba
mendapatkan pelanggan dengan tujuan mendapat keuntungan maksimal.
2. Pihak yang
tidak memiliki skill atau dana yang lebih akan mudah tergusur dari pasar ini
karena tingkat persaingan yang ada sangatlah tinggi baik dari segi kualitas,
harga serta pelayanan.
3. Cenderung
terjadi kenaikan harga karena adanya inovasi dalam menciptakan produk yang
lebih baik dan baik lagi.
Pasar Oligopoli
Istilah oligopoli berasal dari bahasa Yunani yakni Oligos dan Polein yang
artinya sedikit penjual atau beberapa penjual. Pasar oligopoli adalah
sebuah pasar dimana terdapat beberapa penjual atau produsen yang menjadi
pemiliki saham atau pangasa pasar terbesar. Pasar oligopoli bisa terbentuk
karena dua faktor penting yakni efisiensi skala yang besar dan komplektisitas
manajemen. Contoh dari pasar oligopoli antara lain industri motor,
industri air mineral, industri rokok dan lain sebagainya
Pembagian oligopoli :
·
Oligopoli
murni
Produk yang dijual bersifat homogen dan
identik . Pasar oligopoli jenis ini biasanya ditemui pada industri-industri
yang menghasilkan bahan-bahan mentah. Contohnya industri semen atau produk
mineral kemasan.
·
Oligopoli
pembedaan
Berbeda dengan oligopoli murni yang produk
yang dijual bersifat homogen, dalam pasar oligopoli jenis pembeda
produk-produknya bersifat heterogen bisa dibedakan oleh konsumen. Contohnya
industri motor di Indonesia yang telah dikuasai oleh merk-merk terkenal seperti
Honda, Yanaha, Suzuki dan lainnya.
Ciri-ciri :
1. Menghasilkan
dua jenis produk (homogeny & heterogen)
2. Promosi dan
iklan sangat diperlukan
3. Keberadaan
produsen atau perusahaannya berjumlah sedikit
4. Kompetisi
non harga
5. Pihak baru
sulit untuk masuk ke pasar
6. Harga
konsisten, tidak berubah ubah
Kelebihan
1. Para pembeli
mendapatkan kebebasan dan keleluasaan dalam memilih produk.
2. Penelitian
dan pengembangan produk sering dilakukan.
3. Penerapan
teknologi yang dipadukan dengan inovasi para produsen akan menghasilkan sesuatu
hal yang baru.
Untuk
4. Efisiensi
dalam produksi sangat diperhatikan.
5. Kepuasan
konsumen menjadi prioritas.
Kelemahan
1. Rentan
menimbulkan ketimpangan atauu ketidakrataan dalam hal pendapatan.
2. Sering
terjadi eksploitasi terhadap pembeli serta pemiliki faktor produksi.
3. Bisa
menimbulkan inflasi.
4. Rentan
terjadi persaingan yang tidak sehat dalam hal harga dan lainnya dengan tujuan
mendapatkan pelanggan.
Pasar Duopoli
Pasar duopoli adalah suatu pasar yang dimana
suatu barang dikuasi oleh dua buah perusahaan.
Contoh : Penawaran minyak pelumas dikuasai
oleh Pertamina dan Caltex
Ciri-ciri :
1.
terdapat dua
penjual dan banyak pembeli,
2. harga ditentukan secara sepihak oleh kedua penjual
baik dengan kesepakatan atau tidak.
Berikut adalah video mengenai materi yang saya rekomendasikan.
Terima kasih
SELAMAT BELAJAR ^0^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar